Bagian tubuh anda tiba tiba ada yang memar? mungkin karena ini..

Ketika bangun tidur mendapati kaki atau tangan memar? Mungkin anda mengingat-ingat sebelum tidur melakukan aktivitas apa? Hampir semua orang pernah mengalami kiburuan atau memar pada bagian kulit dan tanpa sebab yang jelas atau tanpa riwayat benturan sebelumnya, hal ini sering dikaitkan dengan mitos “Dicium Setan”. Hal ini kadang dikaitkan dengna kejadian menstruasi pada perempuan dan dianggap sedang “kotor” sehingga setan akan mudah mendatangi dan menjilat/mencubit.

Ini tentunya merupakan mitos, karena kebiruan yang terjadi pada kulit tersebut adalah Purpura Simpleks, dimana terjadi kerapuhan pembuluh darah pada seseorang (sering terjadi pada kaum hawa) akibat perubahan hormone, misal pada saat menstruasi ataupun kelelahan.

Kelainan lainnya yang dapat mengakibatkan hal ini adalah terjadi trombositopenia atau trombosit yang menurun missal terjadi pada penderita DBD (Demam Berdarah) dimana trombosit berperan sebagai pembekuan darah menurun sehingga darah mudah pecah. Hal ini juga bisa karena Hemofilia dimana terjadi kelainan factor pembukan darah. Tidak hanya factor karena perubahan hormon, atau trombositopenia.

Beberapa penyebab pemicu munculnya memar secara tiba-tiba:

  1. Olahraga
    Hal pertama yang menjadi penyebab dari memar di tubuhadalah olah raga. Ini terjadi karena saat melakukan olahraga maka ada banyak otot yang mengalami ketegangan. Ketegangan inilah membuat pembulu daeah di otot pecah dan menimbulkan memar di tubuh.
  2. Diabetes
    Beberapa penelitian dan ahli kesehatan mengatakan jika indikasi awal diabetes bisa terlihat jika sering munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba tanpa alas an yang jelas. Jika kamu memar dan mempunyai riwayat diabetes coba periksakan ya gaes.
  3. Kekurangan vitamin C
    Vitamin C merupakan salah satu vitamin paling penting yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada tubuh ketika tubuh kehilangan vitamin C.
  4. Penuaan
    Saat menua, maka produksi kolagen dalam tubuh yang akan melindungi kulit menurun. Karena adanya penurunan inilah, tubuh pun akan lebih mudah mengalami memar secara tiba-tiba.

Baca juga : Apakah anda gampang lelah? Begini cara mengatasinya

Jika sering terjadi memar yang sering , segera periksakan ke dokter, namun purpura simpleks biasanya dapat hilang sendiri dan tidak terasa nyeri. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati ya gaes!!