Cara Atasi Tantrum Pada Anak

Seiring dengan perkembangan buwah hati banyak hal yang mungkin mengejutkan bagi para orang tua, khususnya ibu dan ayah baru. Perubahan emosi yang dialami anak sangat beragama, salah satunya yakni kemampuan anak dalam mengatasi kekecewaannya. Pada usia 2-3 th kemampuan sosial dan emosional anak berkembang pesat, disinilah muncul suatu masalah yang seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang tua, yaitu “Tantrum”.

Tantrum sebenarnya merupakan suwatu kondisi yang wajar terjadi pada anak, karena mereka masih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan emosinya. Tantrum adalah perilaku marah yang terjadi pada anak-anak yakni anak-anak mengungkapkan kemarahannya dengan berteriak, menendang, meangis dengan menjerit, dan juga menahan nafasnya. Lama waktu tantrum setiap anak dapat berbeda-beda.

Anak juga membutuhkan bantuan orang tua untuk dapat memecahkan masalahnya, dan yang terpenting orang tua harus dapat membantu anak agar dapat mengenali emosinya, dan juga mengendalikannya. Untuk mengatasi anak tantrum orang tua membutuhkan cara atasi anak tantrum yang bijaksana dan tepat. Apabila orang tua salah dalam memngatasi tantrum atau salah dalam memberikan bantuan kepada anak maka dapat berakibat kurang baik bagi anak. Bisa saja anak tidak dapat memahami perasaannya yang justru akan semakin menjadi-jadi.

Berikut cara atasi tantrum pada anak:

  1. Orang tua harus tetap tenag

Hal utama ketika mengatasi anak tantrum adalah orang tua harus tetap tenang. Bersabarlah,jangan sampai anda memarahi atau berbicara keasar dan keras kepada anak yang sedang tantrum, ini justru akan memperburuk kondisi anak. Anda juga harus tenang dalam menghadapinya, apabila anda panik, biasanya keputusan yang anda ambil bisa saja kurang bijaksana.

  1. Pahami perasaan anak

Memahami perasaan anak dengan mengenali keinginan dan kebutuhannya. Apa kira-kira yang menyebabkan anak anda tantrum, mungkin dia kecapean, ingin tidur tapi tidak bisa, atau anak merasa kecewa dengan sesuatu. Kenali hal ini agar anda dapat memberikan perlakuan yang tepat kepada anak.

  1. Tunjukkan rasa empati pada anak

Tunjukkan empati dan munculkan suasana positif kepada anak, tunjukkan kepada anak jika anda peduli kepada perasaanya dengan kelembutan dan jangan samapai anda mengekang anak, apalagi memukul atau mencubit.

  1. Berikan anak ruang

Berikan kesempatan kepada anak untuk meluapkan emosinya, namun tetap awasi dia dan pastikan anak aman. Jauhkan benda-benda yang berbahaya disekitarnya. Jika anak sudah lebih tenang baru datangi dia dengan penuh kasih sayang.

Demikian cara atasi tantrum pada anak, semoga bermanfaat. Tetap sabar dan tenang, jika tantrum pada anak terlalu berlebihan dan menurut anda melebihi batas wajar diusiannya, semisal dia menyakiti diri sendiri anda dapat berkonsultasi dengan psikolog anak.