Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada seat belt mobil

Bau tidak sedap memang sangat mengesalkan dan membuat perjalanan Anda terasa tidak nyaman. Tidak jarang bau tidak sedap dalam kabin membuat Anda merasa mual saat berkendara dan tidak betah berada dalam kabin.

Merawat dan menjaga kebersihan mobil memang membutuhkan banyak sekali tenaga serta waktu.Salah satu komponen mobil yang sedikit sulit untuk dibersihkan adalah bagian sabuk pengaman, komponen ini memang jarang terkena noda, namun seiring berjalannya waktu seat belt akan menjadi kotor.

Masalah lainnya adalah ketika mobil terendam banjir hingga seat belt harus terkena air banjir dan membuatnya menjadi apek. Jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan bau apek bertahan lebih lama. Nah, sebenarnya banyak tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut dibawah ini adalah cara mudah mengatasi masalah seat belt yang bau apek akibat terendam air banjir.Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan beberapa peralatan seperti All Purpose Cleaner (APC), lap microfiber, odor killer /odor bom seperti smartwax/chemical guy atau meguiars.

Langkah berikutya adalah memastikan kendaraan dalam keadaan mati dan terparkir di temoat yang aman. Lalu akseslah seat belt mobi dan semportkan all purpose cleaner (APC) yang tadi sudah disiapkan. Kemudian gosoklah menggunakan sikat gigi atau sikat sepatu pada seluruh bagian seat belt. Lalu gunakan lap microfiber untuk mengeringkan bagian seat belt hingga kering.

Kemudian semprotkan odor killer/odor bomb semacem smartwax/chemical guy/meguiars. Bau yang muncul biasanya disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang masih menempel, jadi ulangi tahapan ini hingga seat belt benar-benar bersih dari bau apek.

Jika dirasa bau apek masih saja muncul, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan steam cleaner. Cari tahu soal perawatan ini di berbagai bengkel dan putuskan jika Anda benar-benar membutuhkannya.