5 Jenis Permainan Bayi Usia 4 hingga 5 Tahun Yang Sangat Bermanfaat Untuk Anak

Saat menginjak usia 4 hingga 5 tahun, anak memang akan lebih senang untuk melakukan kegiatan fisik. Tidak hanya itu, anak juga akan lebih senang untuk melakukan kegiatan fisik yang dilakukan di luar rumah bersama dengan teman sebayanya. Namun, anak tetap harus memperoleh manfaat dari mainan yang ia gunakan sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan bimbingan dengan mengarahkannya pada mainan yang tepat sehingga mampu merangsang kemampuan anak dalam mempersiapkan diri untuk masuk ke lingkungan sekolah.

Permainan serta alat bantu mainan dapat menjadi salah satu strategi untuk merangsang kemampuan anak di usia 4 hingga 5 tahun. Hal yang perlu diketahui ialah bahwa setiap tahapan usia akan memiliki jenis permainan yang berbeda – beda. Jenis permainan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan anak sesuai dengan usianya. Pada setiap permainan, anak sebenarna tidak harus dituntut untuk mahir atau selalu menang, tetapi lebih mengajarkannya beragam hal tentang aspek kehidupan dengan cara yang menyenangkan. Ada beberapa jenis permainan bayi usia 4 hingga 5 tahun yang sangat bermanfaat untuk anak sehingga sangat dijanjurkan untuk dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Ular Tangga

Mainan ini memang sederhana dan mudah untuk didapatkan, namun mempunyai nilai edukasi untuk anak di usia 4 – 5 tahun. Peranan media mainan seperti halnya ular mampu menjadi mainan yang dapat menambah daya imajinasi serta belajar berhitung bagi anak. Permainan ular tangga bahkan dapat membuat anak Anda menjadi mampu mempertajam memorinya serta meningkatkan kemampuan visualisasi.

2.    Monopoli

Permainan yang juga dapat mengasah memori serta kemampuan visualisasi ialah monopoli. Permainan yang dijalankan secara berkelompok ini bahkan dapat meningkatkan sosialisasi yang tinggi terhadap teman sebayanya. Anak akan dapat bermain secara berkelompok dan belajar tentang bermain strategi. Namun, saat ini permainan monopoli serta ular tangga sudah teralihkan dengan permainan game online.

Baca Juga :  Hari Anak Nasional 2020

3.    Sepeda

Sepeda roda tiga merupakan salah satu mainan anak yang menyenangkan. Tidak hanya bermain, anak juga dapat melakukannya sembari melakukan olahraga. Dengan bermain sepeda, ia akan dapat melatih keseimbangannya. Saat anak telah pandai dalam menjaga keseimbangan serta dapat mengayuh sepeda, maka ia dapat dilatih untuk menggunakan sepeda roda dua. Dengan bermain sepeda, maka anak akan dilatih untuk menyempurnakan kemampuan keseimbangannya.

4.    Mewarnai dan Menggambar

Permainan yang dapat diajarkan kepada anak ialah bermain dengan menggunakan media buku gambar. Beberapa gambar yang telah jadi dan siap untuk diwarnai banyak tersedia di toko buku. Permainan tersebut akan sangat menyenangkan karena anak merasa senang untuk mengenal warna serta bermain dengan tokoh idolanya. Anak juga telah mampu untuk menggambar pemandangan alam. Tidak hanya itu, peranan orang tua juga sangat diperlukan karena mampu mengajarkan kepada anak tentang lingkungan, misalnya saja mewarnai gunung dengan warna hijau, awan berwarna putih, rambut hitam. Meski demikian, jangan paksakan anak untuk memilih warna, biarkan lah ia berimajinasi, kemudian berikan pengertian secara bertahap.

5.    Bermain Peran

Anak yang berusia 4 hingga 5 tahun akan sangat senang untuk bermain peran. Terlebih lagi bagi anak perempuan yang bermain peran bersama dengan boneka kesukaannya. Dengan bermain peran, maka anak dapat belajar berimajinasi, menjadi kreatif, serta mampu memecahkan masalah. Usia anak 4 hingga 5 tahun memang masih senang untuk berbicara sendiri. Hal tersebut sebenarnya dianggap wajar karena anak memang sedang berkhayal dan mencoba untuk menirukan apa yang ia lihat disekitarnya. Di sini, peran orang tua menjadi penting dalam mengarahkan anak saat sedang berada di lingkungan. Terlebih lagi saat ini pengaruh media serta pertemanan anak di lingkungan perlu disikapi dengan bijak sehingga tidak akan mempunyai efek negatif pada anak.

Baca Juga :  Cara Mudah Peroleh Obat Resep Dokter di Toko SehatQ

Dengan jenis permainan bayi usia 4 hingga 5 tahun tersebut di atas, anak akan sangat senang dan mendapatkan manfaat baik itu disadari atau tidak oleh anak. Bagi kita orang tua, sangatlah dianjurkan untuk bisa membuat anak menjadi lebih baik.