5 Jenis Permainan Bayi Usia 7 hingga 9 Bulan Yang Sangat Cocok

Seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan gizi serta stimulasi pada bayi juga akan semakin meningkat. Kemampuan bayi untuk merangkak pada usia 7 hingga 9 bulan juga semakin bertambah. Bayi bahkan akan semakin aktif dan memerlukan ruang untuk dapat terus menjelajahi kemampuannya.

Hal penting yang perlu diamati saat bayi berusia 7 hingga 9 bulan diantaranya ialah anak telah mempunyai beragam kemampuan sebagai berikut :

  1. Telah mampu mengontrol kepala yang tegak dan dapat duduk tanpa menggunakan bantuan.
  2. Bayi sudah bisa merangkak serta mengambil benda di sekitarnya, bahkan mampu menyangga bagian berat badannnya.
  3. Bayi mempunyai kemampuan untuk memegang dua benda yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Bahkan sudah bisa menjatuhkan mainannya berulang – ulang.
  4. Benda dapat mengambil benda dengan cara meraup.
  5. Beberapa bayi telah pandai bersuara termasuk mengucapkan beberapa kata.
  6. Sudah bisa makan biskuit dengan tangan sendiri.
  7. Bayi bisa bertepuk tangan dan cilukba dengan sendirinya.
  8. Bahkan pada rentan usia 7 hingga 9 bulan, bayi telah mengerti dan memahami orang di sekitarnya.
  9. Bayi seringkali mengalami perasaan cemas saat berpisah dengan orang tuanya.

Anda sebaiknya memberikan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan usianya. Stimulasi yang dapat Anda berikan bisa berupa mainan yang beraneka macam. Berikut ini merupakan 5 jenis permainan bayi usia 7 hingga 9 bulan yang mampu mendukung dan sangat sesuai :

1.    Mengenal Nama

Permainan yang cukup sederhana, namun memerlukan cara yang sabar saat memberikan pelajaran pada anak. Anak diajarkan untuk mengenali namanya menggunakan cara yang mudah yakni dengan memanggilnya berkali – kali. Bahkan Anda dapat melakukannya sembari bermain permainan kecil seperti cilukba.

2.    Bermain salaman dan tepuk tangan

Anak memang akan sangat senang jika diajak bermain, salah satunya ialah permainan yang melibatkan anggota tubuhnya. Anda bisa mengajarkannya untuk bersalaman dan bertepuk tangan sehingga mampu melatih kekuatan tangganya. Hal ini menjadi salah satu cara untuk merangsang kemampuan motorik halusnya.

Baca Juga :  Cara Mudah Menghemat Uang Kuliah Di Universitas UBAYA

3.    Bermain Menjadi Pohon Tumbuh

Sesekali Anda dapat menceritakan dogeng kepada anak. Kemudian di dalam dogeng tersebut terdapat cerita tentang pohon yang tumbuh. Saat bercerita tentang pohon yang tumbuh, Anda dapat mengajaknya untuk berdiri dengan memeganginya menggunakan tangan. Hal ini mampu merangsang kemampuan berdiri pada anak. Bahkan anak dapat belajar untuk berdiri dengan berpengangan.

4.    Membaca Dogeng

Saat anak telah memasuki usia 7 bulan, keingintahuannya tentang warna memang akan sangat membuatnya menjadi penasaran. Anak bahkan lebih tertarik dengan warna dan bentuk yang baru. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda memperkenalkan anak pada buku bacaan seperti dogeng yang memuat beragam bentuk dan warna.

5.    Mengenal Warna dan Bentuk

Anda bisa membeli mainan yang memiliki bentuk dan warna yang beragam. Pilihlah bentuk serta warna yang mampu membuat bayi menjadi tertarik. Mengenalkan warna bisa dilakukan melalui crayon. Meski hanya menggambar corat – coret, namun kemampuan untuk menggenggam benda telah dimiliki oleh anak. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilihkan bentuk yang beragam pula.

Dengan tips tersebut dan jenis permainan bayi usia 7 hingga Sembilan bulan, maka bayi akan merasa nyaman dan dapat tumbuh serta berkembang sesuai dengan harapan kita.