7 Jenis Permainan Bayi Usia 1 hingga 3 Tahun Yang Sangat Bermanfaat

Bermain merupakan salah satu cara mengasyikan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk juga pada anak – anak yang mempunyao rentang usia 1 hingga 3 tahun. Pada ini, anak – anak sudah mulai aktif. Permainan yang biasa dilakukan ialah yang lebih banyak berhubungan dengan lingkungan di sekitarnya. Meski demikian, peranan orang tua masih diperlukan untuk memilih jenis permainan yang tepat sesuai dengan usianya.

Permainan memang ada banyak jenisnya, namun yang baik ialah permainan yang mampu dipilih sesuai dengan tahapan perkembangannya sehingga proses belajar akan menjadi maksimal. Berikut ini merupakan 7 jenis permainan bayi rusia 1 hingga 3 tahun:

1.    Mainan yang berhubungan dengan kegiatan sehari hari

Mainan yang lebih dekat dengan kegiatan sehari – hari memang akan lebih mengasyikan. Anak dapat melakukan permainan seperti bermain masak – masakan atau bermain peran sebagai seorang dokter. Permainan peran akan sangat disukai oleh anak – anak yang berusia 1 hingga 3 tahun. Sesekali anak Anda pasti akan menirukan gaya idolanya yang ada di film kartun. Di sini anak Anda bahkan dapat belajar untuk bersosialisasi, berimajinasi, serta mampu menambah kemampuan kreativitas yang dimilikinya dengan melakukan perrmainan tentang kegiatan sehari – hari.

2.    Mainan yang membutuhkan pemecahan masalah

Anda jangan berpikir bahwa ini merupakan permainan yang rumit dan tidak disenangi oleh anak – anak. Namun kenyataannya, permainan ini justru sangat mengasyikan dan mampu melatih kemampuan anak untuk berpikir. Alat bantu yang mampu mendukung permainan ini ialah puzzle. Gambar serta warna yang menarik juga dapat membantu anak untuk menguasai kemampuan dalam pemecahan masalah.

3.    Permainan Meningkatan Kreativitas

Beberapa anak akan senang sekali jika diberikan permainan yang memiliki warna sesuai dengan kesukaannya. Salah satunya ialah balok dengan beraneka ragam warna untuk kemudian menyusunnya sesuai dengan warna kesukaannya. Tidak hanya itu, pilihan mainan seperti lego dan lilin mainan juga mampu mendorong kreativitas anak.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Ekspor Yang Aman, Bagus, dan Murah

4.    Berolahraga sambil bermain

Saat anak berusia 1 hingga 3 tahun, ia akan senang sekali jika diajak untuk bermain di halaman rumah. Anda bisa mengajaknya untuk bermain bola bersama keluarga di halaman rumah. Bermain bola mampu membantu perkembangan koordinasi kaki, otak, dan juga tangan, serta mengajarkan anak untuk dapat menerima diri saat menang atau kalah di dalam kompetisi. Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat mengajarkan kepada anak untuk dapat bergantian dalam bermain sehingga mampu menumbuhkan rasa saling menghargai tehadap orang lain.

5.    Bermain musik

Anda juga dapat mengajak anak untuk bernyanyi dan menari. Anda bisa menggunakan CD atau DVD kemudian menirukan gerakan yang ada di video klipnya. Dengan demikian, anak dapat belajar bernyanyi dan menari seolah – olah ia berada di atas panggung pentas. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri saat akan tampil di hadapan umum.

6.    Mari Membaca

Meski anak usia 1 hingga 3 tahun masih belum terlalu terlatih untuk membaca, namun mengenalkan buku dogeng dapat meningkatkan kreativitas serta imajinasinya. Anda dapat menggunakan buku bergambar serta menunjukan berbagai halaman pada anak.

7.    Kertas dan Crayon

Saat anak berusia 1 – 3 tahun, kemampuan menulisnya sudah dapat dilatih meski awalnya ia hanya mencorat – coret saja pada kertas dengan menggunakan crayon. Namun setidaknya, hal tersebut dapat membantu anak untuk mengenal alat tulis.

Untuk kebaikan, pertumbuhan dan juga kecerdasan anak, maka 7 jenis permainan bayi rusia 1 hingga 3 tahun silakan Anda lakukan yang paling pas atau cocok untuk Anda. Anda bisa memilih permainan lain untuk bayi Anda bila punya alternative permainan yang lain.