Jenis Mainan yang Sesuai berdasarkan Usia Anak

Semakin bertambahnya usia, anak tentunya akan mempunyai kemampuan yang makin beragam. Meski demikian, sebagian besar anak justru masih asyik dengan satu jenis mainan yang ia punyai sehingga orang tua tidak mampu memaksakan karena hal tersebut adalah kesukaan anaknya.

Memiliki jenis mainan yang disukai memang tidak salah. Meskipun demikian, orang tua sebaiknya lebih mengarahkan pada permainan yang sesuai dengan usianya. Awalnya anak mungkin tidak dapat menerima, namun lambat laun ia pasti akan menyukainya. Terlebih lagi jika mainannya dirancang dengan warna yang menarik sesuai yang ia sukai.

Mainan anak pada dasarnya tidak hanya sekedar teman yang dapat membuat anak menjadi merasa senang, tetapi juga dirancang sebagai media belajar. Oleh karena itu, mainan anak mempunyai desain, warna, serta bentuk yang beragam sesuai dengan karakter serta fungsi usia anak. Berikut ini merupakan jenis mainan yang sesuai berdasarkan usia anak dan ini sangat diperlukan untuk mendukung proses perkembangan anak sesuai dengan usianya.

Mainan untuk usia 0 hingga 9 bulan

Jenis mainan yang cocok untuk usia 0 hingga 9 bulan antara lain mainan rattle atau kerincingan, matras gimnastik, mainan gigitan (teether), matras berbentuk boneka, bola karet, boneka berbahan kain, boneka yang memiliki bunyi, boneka gantung, buku kain, serta boneka jari yang mempunyai beragam karakter. Tidak hanya itu, permainan yang tidak menggunakan alat jiga dapat dilakukan, seperti halnya bermain cilukba atau mainan dengan cara menepuk tubuh ibu oleh tangan anak.

Mainan untuk Usia 9 hingga 18 bulan

Beberapa mainan yang bisa dilakukan oleh anak yang berusia 9 hingga 18 bulan ialah mainan yang menirukan kehidupan sehari – hari seperti halnya sayuran, binatang, buah, telepon, serta mobil-mobilan. Sementara permain untuk memecahkan masalah diantaranya ialah mainan buka tutup, puzzle, balok susun, dan bola besar. Baca juga Tips Mainan Bayi Usia 0 hingga 6 Bulan

Baca Juga :  Cara Mudah Peroleh Obat Resep Dokter di Toko SehatQ

Mainan untuk Usia 18 hingga 36 bulan

Mainan yang mampu membuatnya berkreasi seperti halnya crayon, melukis, lilin kreasi, piano, drum, atau gitar mainan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengembangkan imajinasinya dengan menggunakan mainan rumah boneka, berpakaian, merias diri, berdandan, dan peralatan memasak. Baca juga 7 Jenis Permainan Bayi Usia 1 hingga 3 tahun

Pada usia 4 hingga 5 tahun, anak dapat menggunakan berbagai jenis mainan seperti ular tangga, monopoli, atau lego. Tidak hanya itu, anak juga dapat belajar angka dan waktu dengan berbagai permainan seperti sempoa, model huruf, dan angka. Dengan teknologi yang semakin berkembang, anak – anak bahkan dapat bermain permainan menggunakan komputer atau aplikasi pada gadget, namun tetap harus dilakukan dengan pengawasan orang tua.

Permainan yang menggunakan teknologi memang boleh dikenalkan pada anak, namun peranan orang tua akan sangat berpengaruh. Permainan yang menggunakan teknologi memang dapat sangat membantu, terutama untuk mengatur siasat serta mendapatkan skor yang baik dengan permasalah yang ada di dalam permainan tersebut. Meski demikian, orang tua harus tetap melakukan pengawasan dan bimbingan agar anak dapat bijak dalam menggunakan permainan online .

Sebagai orang tua, kita harus benar-benar bisa memilih jenis mainan yang sesuai berdasarkan usia anak, hal ini kita lakukan demi kebaikan anak-anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya